Rasulullah SAW menangis Semalam Suntuk

Posted by Cerita Anak

Pada suatu malam pernah Rasulullah SAW menangis semalam suntuk, Beliau terus dalam keadaan shalat hingga ke waktu Subuh, sambil terus menerus membaca ayat berikut :
"Jika Engkau siksa mereka, sesungguhnya mereka adalah hamba hambaMu, Dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkau adalah Maha Perkasa lagi Bijaksana."
"Ya Allah, jika Engkau adzab mereka, Engkaulah penentunya, bahwa mereka adalah hamba hamba Mu, dan Engkaulah pemiliknya. Dan pemilik berhak menghukum hambanya yang bersalah. Jika Engkau maafkan mereka, maka sungguh Engkaulah penentunya, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maka Engkau pun berkuasa untuk memberi ampunan, Dan Engkau Maha Bijaksana, maka memaafkan juga sesuai dengan kebijaksanaanMu". (Tafsir Bayanul-Qur'an)
Imam A'dham pun pernah diriwayatkan mengerjakan amalan seperti bahwa dalam suatu malam pernah beliau terus menerus membaca ayat :
"Dan berpisahlah kamu pada hari ini, hai orang orang yang berdosa" Sambil menangis
Makna ayat diatas adalah : Pada hari Kiamat, dikatakan kepada para pendosa "Kalian selama didunia saling berkumpul, tetapi sekarang, pada hari Kiamat, kalian dipisahkan dengan mereka yang tidak berdosa"
Dengan mendengar perintah ayat tersebut, wajarlah jika orang orang yang bertakwa akan menangis, karena i tidak mengetahui dalam golongan orang orang yang berdosa atau dengan golongan orang orang shalihin nanti ia dikumpulkan
Diambil dari buku Himpunan Fadhilah Amal


Related Post



Post a Comment